Pengertian Ilmu Budaya Dasar

Posted: October 17, 2012 in Education

Arti Budaya berdasarkan etimologi

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai “kultur” dalam bahasa Indonesia.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya

Jadi,menurut pendapat saya dalam arti etimologi ilmu budaya dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang budi pekerti dan akal manusia sehari-hari. Selain mempelajari tentang budi pekerti dan akal manusia. Ilmu budaya dasar juga mempelajari tentang adat suatu kelompok di daerah masing-masing yang memiliki adat berbeda-beda.

Selain itu ada juga definisi tentang budaya :

Definisi Budaya

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.[1] Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaianbangunan, dan karya seni.[1] Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya

Jadi dapat disimpulkan dari definisi ilmu budaya dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang pola pikir, adat istiadat, budi pekerti, kebudayaan dan nilai-nilai dari suatu kelompok yang diwariskan dari masa ke masa dengan kelompok yang berbeda tapi dengan budaya yang sama. Suatu kegiatan yang menjadi budaya biasanya lama kelamaan akan menjadi satu kegiatan yang menjadi kebiasaan dalam moment-moment tertentu. Misalnya adat dalam kegiatan perkawinan berdasarkan budaya dan latar belakang dari pasangan yang menikah. Mereka akan menggunakan adat istiadat perkawinan dari daerah mereka berasal.

Adapun contoh objek lain dalam materi ilmu budaya dasar ini. Mislanya dalam upacara kematian seseorang di suatu daerah memiliki budaya yang bermacam-macam, bahasa daerah yang bermacam-macam, agama dan kepercayaan yang di percaya oleh masing-masing budaya dan adat yang berlaku di suatu daerah dengan daerah lain yang berbeda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s