Posted: March 26, 2014 in Uncategorized

TUGAS 2 IDENTITAS NASIONAL (paling lambat dikumpulkan tanggal 28 Maret 2014)

  1. Masalah identitas Nasional muncul akhir-akhir ini lebih dikarenakan kekhawatiran sebagian pihak atas semakin mengikisnya kebanggaan terhadap budaya nasional, atribut nasional yang mencirikan identitas nasional. Menurut saudara mengapa kekhawatiran itu timbul? Dan bagaimana mengatasinya?

JAWAB

Karena ke khawatiran itu timbul akibat budaya asing yang terus masuk ke Indonesia dalam intesntitas yang sangat besar.  Sehingga budaya asing tidak hanya berdampak positif tapi di sisi lain memiliki dampak negatif yang dapat mengikis identitas Nasional. Hal yang harus dilakukan untuk mengatasi pengikisan yang terjadi pada identitas nasional yaitu dengan cara persuasif untuk melestarikan dan selalu menjaga identitas nasional bangsa.

 

  1. Identitas nasional tidak terbentuk begitu saja, melainkan melalui evolusi dan proses panjang. Bagaimanakah proses pembentukan identitas nasional tersebut?

JAWAB

Proses pembentukan identitas bangsa berawal dari adanya tujuan bersama dalam proses pembentukan Negara. Dengan memiliki bahasa bangsa, memiliki bendera Negara, memiliki lagu kebangsaan adalah merupakan proses pembentukan identitas nasional. Seperti contoh Bhineka Tunggal Ika yang menjadi identitas nasional bangsa Indonesia.

 

  1. Wujud dari identitas nasional antara lain adalah Patriotisme dan Nasionalisme. Jelaskan perbedaan keduanya dan bagaimana keduanya dapat membentuk identitas nasional?

JAWAB

A. Nasionalisme adalah sikap mencintai bangsa dan negara sendiri. Nasionalisme terbagi atas ;

– Nasionalisme dalam arti sempit, yaitu sikap mencintai bangsa sendiri secara berlebihan sehingga menggap bangsa lain rendah kedudukannya, nasionalisme ini disebut juga nasionalisme yang chauvinisme, contoh Jerman pada masa Hitler.

– Nasionalisme dalam arti luas, yaitu sikap mencintai bangsa dan negara sendiri dan menggap semua bangsa sama derajatnya.

Hans Kohn dalam bukunya Nationalism its meaning and history mendivinisikan nasionalisme sebagai berikut :

-. Suatu paham yang berpendapat bahwa kesetiaan individu tertinggi harus diserahkan pada negara.

-. Perasaan yang mendalam akan ikatan terhadap tanah air sebagai tumpah darah.

B. MAKNA PATRIOTISME : Sikap patriotisme bangsa indonesia telah dimulai saejhak jaman penjajahan, dengan banyaknya pahlawan pahlawan yang gugur dalam rangkan mengusir penjajah seperti Sultan Hasanudin dari Makasar, Pangeran Diponogoro dari Jawa tengah, Cut Nyadie, Tengku Umar dari Aceh dll. Sikap patriotis mjemuncang setelah proklamasi kemerdekaan pada priode perjuangan phisik antara tahun 1945 sampai 1949 yaitu pride mempertahankan negara dari keinginan Belanda untuk kembali menjajah Indonesia.Sikap patriotisme adalah sikap sudi berkorban segala-galanya termasuk nyawa sekalipun untuk mempertahankan dan kejayaan negara.

 

  1. Wujud negatif dari identitas nasional adalah Chauvinisme. Jelaskan mengapa sikap ini negatif pengaruhnya terhadap identitas nasional?

JAWAB

Chauvinisme memiliki arti bahwa menyatakan hanya bangsanya saja yang paling unggul. Dalam hal ini timbul adanya sifat keegoisan. Sehingga tidak melambangkan sesuai dengan identitas nasional yang melambangkan sikap demokrasi dan menghormati kehidupan antar bernegara.

 

  1. Terkadang identitas nasional berseberangan dengan identitas pribadi. Bagaimana sebaiknya menurut saudara mengharmonisasikan kedua hal tersebut sehingga bisa berjalan berdampingan?

JAWAB

Menurut saya agar dapat mengharmosisasikan antara identitas pribadi dengan identitas nasional yaitu dengan cara mengikuti ideologi bangsa agar sesuai dengan identitas nasional. Contoh mengimplemetasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. Globalisasi yang melanda dunia saat ini bisa berdampak positif dan negatif bagi identitas nasional. Agar dapat memanfaatkan gerakan dimaksud untuk sebesar-besar kesejahteraan masyarakat Indonesia tanpa harus mengancam identitas nasional bangsa Indonesia, menurut Saudara apa tindakan yang harus diambil?

JAWAB

Menurut pendapat saya agar era globalisasi ini dapat dimanfaatkan tanpa menimbulkan efek negatifnya yaitu dengan cara menyaring informasi-informasi yang masuk dan menerima yang positif serta membuang efek negatifnya. Sehingga identitas nasional tetap terjaga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s