Pengertian Identitas Nasional, Parameter Identitas Nasional dan Unsur Identitas Nasional

Posted: April 23, 2014 in Uncategorized
  • Pengertian Identitas Nasional

    Secara terminologis  Istilah “identitas nasional” yaitu adalah suatu ciri tertentu yang dimiliki dari suatu bangsa yang secara filosofis atau ideologis membedakan bangsa tersebut dengan bangsa-bangsa yang lain.

    Secara kesimpulan pengertian dari Identitas Nasional ialah suatu ciri tertentu yang khas dimiliki suatu bangsa dalam sebuah kesatuan yang terikat dengan wilayah dan selalu memiliki wilayah (tanah tumpah darah mereka sendiri), kesamaan sejarah, sistem hukum atau perundang undangan, hak dan kewajiban serta pembagian kerja berdasarkan profesi. Dan identitas nasional suatu Negara membedakan dengan bangsa-bangsa lainnya.

     

    Parameter Identitas Nasional

    Pemgertian dari Parameter Identitas nasional ialah suatu ukuruan atau parameter yang dapat digunakan untuk menyatakan sesuatu adalah menjadi cirri khas suatu bangsa. Sesuatu yang diukur adalah unsur dari identitas nasional bangsa tersebut seperti kebudayaandari bangsa itu sendiri menyanngkut norma, bahasa, adat istiadat, teknologi dan lain-lain. Dalam hal parameter identitas nasional terbentuk secara alami berdasarkan letak wilayah atau geografisnya. Sehingga membuat suatu ciri khas dari identitas tersebut.

    Unsur-unsur yang menyangkut Identitas Nasional

    Dalam hal ini akan dijelaskan tentang unsur-unsur Identitas Nasional, yaitu :

    1. Suku Bangsa

    Merupakan unsur identitas nasional karena suku bangsa dari 1 bangsa terhadap bangsa lain memiliki corak yang berbeda-beda. Pengertian dari suku bangsa adalah  adalah suatu golongan manusiayang anggota-anggotanya mengidentifikasikan dirinya dengan sesamanya, biasanya berdasarkan garis keturunan yang dianggap sama.[1] Identitas suku ditandai oleh pengakuan dari orang lain akan ciri khas kelompok tersebut seperti kesamaan budayabahasaagama,perilaku, dan ciri-ciri biologis. di Indonesia terdapat banyak sekali suku bangsa atau kelompok etnis dengan beragam dialeg bahasa.

    1. Agama

    Pada dasarnya agama merupakan bagian dari unsur identitas nasional suatu Negara. Seperti halnya di Indonesia, yang dasar negaranya adalah Pancasila. Dari Pancasila tersebut dijelaskan bahwa Indonesia merupakan Negara yang mengenal Tuhan.Secara tidak langsung berarti Indonesia adalah Negara yang beragama. Ini merupakan contoh dari unsur identitas nasional bangsa Indonesia.

    1. Kebudayaan

    Kebudayaan adalah pengetahuan manusia sebagai mahluk sosial yang isinya adalah perangkat-perangkat atau model-model pengetahuan secara kolektif di gunakan oleh pendukung-pendukungnya untuk menafsirkan dan memahami lingkungan yang dihadapi dan digunakan sebagai rujukan atau pedoman bertindak (dalam bentuk kelakuan dan bentuk-bentuk kebudayaan) sesuai dengan lingkungan yang dihadapi. Intinya kebudayaan merupakan patokan nilai-nilai etika dan moral, baik yang tergolong sebagai edeal atau yang seharusnya (world view) maupun yang operasional dan actual didalam kehidupan sehari-hari (ethos).

    1. Bahasa

    Bahasa adalah salah satu atribut bangsa di samping sebagai identitas nasional. Bahasa Indonesia dikenal sebagai bahasa melayu yang merupakan bahasa penghubung (lingua franca) berbagai etnis yang mendiami kepulauan nusantara. Bahasa melayu pada tahun1928 ditetapkan oleh pemuda dari berbagai suku bangsa Indonesia dalam peristiwa Sumpah Pemuda sebagai bahasa persatuan bangsa Indonesia.

     

    Berikut adalah beberapa contoh Identitas Nasional Negara Republik Indonesia :

      Bahasa Nasional atau Bahasa Persatuan yaitu Bahasa Indonesia

      Bendera negara yaitu Sang Merah Putih

      Lagu Kebangsaan yaitu Indonesia Raya

       Lambang Negara yaitu Pancasila

      Semboyan Negara yaitu Bhinneka Tunggal Ika

       Dasar Falsafah negara yaitu Pancasila

      Konstitusi (Hukum Dasar) negara yaitu UUD 1945

      Bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat

      Konsepsi Wawasan Nusantara
      Kebudayaan daerah yang telah diterima sebagai Kebudayaan Nasional

     

     Sumber:

  • Srijanti, A. Rahman H I, Purwanto S K, 2008, Etika Berwarga negara Edisi II, Jakarta, Salemba Empat
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Suku_bangsa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s