Dampak Globalisasi yang menimbulkan berbagai macam efek pada Identitas Nasional

Posted: May 22, 2014 in Uncategorized

Tema : Globalisasi dan Pengaruhnya terhadap Identitas Nasional

Judul :Dampak Globalisasi yang menimbulkan berbagai macam efek pada Identitas Nasional

 

            Sesuai pada judul diatas, artikel ini akan membahas tentang Dampak Globalisasi yang menimbulkan berbagai macam efek pada Identitas Nasional. Sebelum membahas lebih dalam, saya akan menjelaskan pengertian dari Globalisasi. Menurut asal katanya, kata “globalisasi” diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Achmad Suparman menyatakan Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekedar definisi kerja (working definition), sehingga bergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat.

Di sisi lain, ada yang melihat globalisasi sebagai sebuah proyek yang diusung oleh negara-negara adikuasa, sehingga bisa saja orang memiliki pandangan negatif atau curiga terhadapnya. Dari sudut pandang ini, globalisasi tidak lain adalah kapitalisme dalam bentuk yang paling mutakhir. Negara-negara yang kuat dan kaya praktis akan mengendalikanekonomi dunia dan negara-negara kecil makin tidak berdaya karena tidak mampu bersaing. Sebab, globalisasi cenderung berpengaruh besar terhadap perekonomian dunia, bahkan berpengaruh terhadap bidang-bidang lain seperti budaya dan agama. Theodore Levitte merupakan orang yang pertama kali menggunakan istilah Globalisasi pada tahun 1985.\

            Dalam penjelasan diatas telah dijabarkan bahwa globalisasi ialah proses interaksi antara satu Negara dengan Negara lain baik secara teknologi, ekonomi, pendidikan dan lainnya. Namun yang akan dibahas dalam artikel ini ialah dampak yang ditimbulkan oleh globalisasi terhadap identitas suatu nasional. Globalisasi mungkin seperti 2 sisi mata uang dimana 1 sisi memiliki kelebihan dan 1 sisi lagi memiliki kerugian. Sisi manfaat globalisasi terhadapa identitas nasional adalah dikenalnya budaya suatu Negara dengan Negara lain sehingga menjadikan sebuah Negara memiliki suatu identitas yang unik atas negaranya sendiri. Misalnya identitas nasional yaitu bendera Negara, kebudayaan suatu suku di Negara tertentu, bahasa Indonesia sebgai identitas bangsa Indonesia dan lainnya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya di sisi lain globalisasi memiliki dampak kerugian terhadap identitas nasional. Pada hal ini kerugian tersebut lebih condong seperti westernisasi bagi kita yang tinggal di asia. Westernisasi ialah masuknya budaya kebarat-baratan di suatu Negara. Dampak yang ditimbulkan dari westernisasi tersebut terdiri dari bebagai macam contoh, misalnya menirukan budaya kebarat-baratan dalam tata cara berbicara. Pada dasarnya bangsa Indonesia berbicara dengan bahasa Indonesia namun masuknya budaya barat dari globalisasi tadi membuat bahasa baru seperti bahasa gaul dan apabila berkelanjutan dapat memperkikis bahasa Indonesia yang merupakan identitas nasional. Adapun contoh lain misalnya banyak remaja zaman sekarang yang tergila-gila terhadap musisi atau lagu-lagu yang kebarat-baratan. Mereka hafal bahkan fasih menyanyikan lagu-lagu barat tadi, di lain sisi apakah mereka hafal dengan lagu-lagu nasional sebagai identitas suatu Negara. Seperti kasus Menpora Roy Suryo yang tidak hafal betul lirik lagu Indonesia Raya yang merupakan lagu wajib nasional Bangsa Indonesia, seperti yang dilansir oleh http://www.koran-sindo.com/node/326001.

 

Jadi menurut saya baiknya dalah kita sebagai bangsa harus menjaga dan memelihara identitas nasional dari serangan-serangan budaya asing yang dapat menimbulkan terkikisnya identitas nasional Negara. Hal yang dilakukan misalnya seperti menyortir atau menyaring globalisasi yang masuk ke Negara kita. Mengambil yang baik dan membuang hal yang berdampak buruk.

 

 

 

 

 

 

 

Sumber

http://id.wikipedia.org/wiki/Globalisasi

http://www.koran-sindo.com/node/326001

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s