Strategi Pemasaran pada Konsumen yang berwatak Kritis

Posted: December 29, 2014 in Uncategorized

Ilustrasi strategi apa yang digunakan oleh perusahaan apabilla memiliki watak seperti saya

Watak Konsumen :

  1. Ingin mendapatkan pelayanan yang baik.
  2. Mengharapkan tempat yang nyaman.
  3. Membeli pada tingkat harga yang tidak terlalu tinggi atau mahal.
  4. Memperhatikan pelayanan jasa dan produknya.

Strategi Pemasaran Coffee Cheap

Pada dasarnya suatu perusahaan atau produsen dalam mendirikan dan menjalankan sebuah bisnis harus memiliki strategi untuk perkembangan dan kemajuan perusahaannya di masa yang akan datang. Strategi ini juga sangat berguna untuk menentukan apa produk yang akan dijual, dimana produk akan di pasarkan, berapa harga produk yang optimal, dan juga bagaimana cara promosi dari produk ini sendiri.

Menurut para ahli, Pemasaran adalah

  • Suatu sistem keseluruhan dari kegiatan – kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. (Definisi pemasaran menurut William J. Stanton yang dikutip  oleh Swastha dan Handoko (2000: 4) )

  • Proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan menukarkan produk yang bernilai  satu sama lain (Kotler (2000:  19)

Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa pemasaran adalah kegiatan atau proses menawarkan barang kepada pembeli dengan cara menentukan penentuan harga,mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa kepada pembeli.

Dalam hal ini “Coffee Cheap” merencanakan strategi pemasarannya sendiri yang terdiri dari unsur 4 P tersebut. Latar belakang berdirinya Coffee Cheap ini adalah pendiri Coffe Cheap ingin memberikan kesan pada masyarakat bahwa kopi yang nikmat tidak harus mahal. Target pasar Coffe Cheap adalah kalangan menengah. Karena Coffe Cheap menawarkan produk dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan. Oleh karena itu Coffee Cheap menargetkan kalangan menegah sebagai konsumen pontensial. Selain itu desain dekorasi tempat pada Coffee Cheap ini sendiri dengan gaya santai dan nyaman. Meski namanya Coffee Cheap menawarkan produk dengan harga terjangkau tidak serta merta fasilitas dan pelayanan menjadi minim, tetapi walaupun harga terjangkau pihak Coffee Cheap selalu berusaha memberikan service excellent kepada semua pelanggan. Hal ini demi terciptanya kepuasan pelanggan dan menarik loyalitas pelanggan pada produk Coffee Cheap.

Membahas tentang Strategi Pemasaran dari Coffee Cheap ini akan dijelaskan dengan unsur 4P, yaitu :

  1. Produk

Produk dari Coffee Cheap menggunakan biji kopi asli yang langsung digiling dan disajikan ketika pesanan di pesan. Jadi hal ini memungkinkan bahwa kopi dalam keadaan fresh dan benar-benar terasa kopinya. Dalam hal ini Coffee Cheap memiliki produk selain kopi, misalnya dalam bentuk minuman Teh, Susu, Wedang Jahe, dan ada beberapa minuman tradisional lainnya. Selain menjual minuman Coffee Cheap juga menawarkan makanan ringan sebagai teman minum kopi, seperti roti, biskuit, waffle dan ada beberapa macam lainnya. Namun produk andalan yang ditawarkan oleh Coffee Cheap adalah Kopi Original dengan racikan dan rasa yang pas.

  1. Prize ( Harga )

Harga yang ditawarkan oleh Coffee Cheap sangat bersaing dengan Coffee Shop lainnya. Sesuai dengan namanya Coffee Cheap yaitu kopi murah, namun bukan sembarang murah. Selain murah Coffee Cheap juga dibarengi dengan kualitas rasa dari kopi tersebut yang tidak kalah dengan rasa kopi yang ditawarkan oleh Coffee Shop lainnya.

  1. Place ( Tempat )

Tempat yang dipilih Coffee Cheap untuk menawarkan dan menjual kopi adalah tempat dimana tempat tersebut mudah di akses. Selain itu di Coffee Cheap di desain memang secara sederhana namun nyaman. Karena konsumen akan kembali membeli produk kyang kita tawarkan apabila konsumen merasa puas atas produk yang kita jual kepada konsumen. Jadi Coffee Cheap juga tidak lupa memperhatikan kepuasan konsumen agar konsumen kembali lagi membeli produk dari Coffee Cheap.

  1. Promotion ( Promosi )

Proses promosi yang dilakukan oleh Coffee Cheap dengan cara berbagai macam. Salah satunya yaitu dengan cara promosi dengan media sosial. Dimana terdapat kuis-kuis di akun media sosial Coffee Cheap  yang berhadiah produk Coffee Cheap. Selain itu media promosi lainnya yang digunakan adalah diskon pada produk tertentu dan waktu tertentu misalnya pada produk kopi hitam original diberikan diskon 20% untuk pesanan jam 9 malam sampai jam 10 malam. Promosi yang digunakan oleh Coffee Cheap adalah sebagai tempat nonton bareng acara olahraga seperti acara pertandingan bola. Secara tidak langsung para konsumen yang datang untuk nonton bareng akan membeli produk dari Coffee Cheap untuk teman nonton pertandingan bola tersebut.

Dari rencana strategi diatas diharapkan proses penjulan pada Coffee Cheap akan selalu berkembang dan maju sehingga dapat di positioning oleh masyarakat bahwa kopi murah tapi nikmat yaitu di Coffee Cheap. Seperti jargon dari Coffee Cheap yaitu “Kopi Murah tapi Nikmat ya Di Coffee Cheap Tempatnya”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s