Surat Menyurat dan Curricullum Vitae

Posted: June 16, 2015 in Uncategorized

A. SURAT MENYURAT

SEJARAH SURAT

Sejarah surat menyurat terjadi di beberapa Negara di dunia. Berikut adalah sejarah surat dari beberapa Negara di Dunia :

  1. Mesir dan Persia

Pada awalnya, surat berisikan dokumen-dokumen pemerintah yang biasa dikirimkan dari satu tempat ke tempat lain dengan kuda ataupun kereta kuda. Sistem pengiriman pos di dunia dimulai di Mesir sekitar tahun 2000 SM. Di Mesir, di mana pertukaran kebudayaan dengan Babilonia terjadi, pembungkus surat atau amplop bisa berupa kain, kulit binatang, atau beberapa bagian sayuran. Mereka juga membungkus pesan mereka menggunakan lapisan tipis dari tanah liat yang dibakar. Sedangkan kekaisaran Persia di bawah kekuasaan Cyrus sekitar tahun 600 SM menggunakan sistem pengiriman pesan yang terintegrasi. Pengendara kuda (Chapar) akan berhenti di titik-titik pos tertentu (Chapar-Khaneh). Di sini, pengendara kuda akan mengganti kudanya dengan yang baru untuk mendapatkan kecepatan maksimum dalam pengiriman pesan. Sistem ini disebut dengan angariae.

  1. Cina

Di China, sebuah pelayanan pos sudah dimulai sejak zaman Dinasti Chou pada 1122-1121 SM. Seperti di Persia, surat yang dikirimkan biasanya berisikan mengenai dokumen pemerintah. Sistem pengirimannya terdiri atas beberapa orang yang bergantian menyampaikan pesan tiap radius sembilan mil atau empat belas koma lima kilometer. Sistem ini semakin berkembang dengan jangkauan yang lebih luas pada masa pemerintahan Dinasti Han pada tahun 202 SM hingga tahun 220 ketika China berhubungan dengan Romawi dan sistem pelayanan pos mereka.

  1. Romawi

Kerajaan Romawi sendiri memebangun sistem pelayanan pos paling canggih pada tahun 14 yang bersaing dengan China oleh Kaisar Augustus. Jangkauan sistem pelayanan pos ini mencakup seluruh dataran Mediterania karena adanya kebutuhan penyampaian pesan dari pemerintah Romawi dan militer antar provinsi. Kebutuhan ini memunculkan pembangunan jalan pos dengan beberapa stasiun untuk pergantian pengantar pengirim pesan setiap seratus tujuh puluh mil atau dua ratus tujuh puluh kilometer dalam periode waktu dua puluh empat jam. Akan tetapi pada akhirnya sistem ini tidak mampu bertahan karena adanya ketidakseimbangan antara jumlah surat yang dikirim dan waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman surat tersebut pada abad sembilan di Eropa.

Arti dan Fungsi Surat

Pengertian Surat

Surat merupakan alat komunikasi yang disampaikan secara tertulis, berisi bahan informasi berupa berita, laporan, pemberitahuan, perintah, pesanan, keputusan, undangan dan permohonan, yang lazimnya harus dikirimkan atau disampaikan kepada pihak lain. Ada juga yang mengatakan bahwa surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain.

Fungsi Surat

Sebagaimana kita pahami penjelasan di atas mengenai pengertian surat, kita bisa mengambil salah satu fungsi dari surat itu sendiri sebagai alat komunikasi. Tapi bukan itu saja fungsi surat, ada beberapa fungsi surat diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Surat sebagai sarana komunikasi.
  2. Surat sebagai alat menyampaikan pemberitahuan, permintaan, permohonan, buah pikiran ataupun gagasan.
  3. Surat sebagai alat bukti tertulis, misalkan surat perjanjian.
  4. Surat sebagai alat untuk mengingat, misalkan surat yang diarsipkan.
  5. Surat sebagai pedoman kerja, misalkan surat keputusan dan surat perintah.
  6. Surat sebagai historis.

 

Syarat-syarat Surat yang Baik

Ada beberapa syarat dan ketentuan dalam menulis surat yang baik dan benar. Syarat dan ketentuan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Menetapkan lebih dahulu maksud surat yaitu pokok pembicaraan yang ingin disampaikan kepada penerima surat, apakah itu berupa pemberitahuan, pernyataan, pertanyaan, permintaan laporan atau hal lain. Tentunya disesuaikan dengan Jenis Surat yang kita ingin tulis.
  2. Menetapkan urutan masalah yang akan dituliskan.
  3. Merumuskan pokok pembicaraan satu persatu, runtun, logis dan teratur.
  4. Menggunakan kalimat efektif.
    • Sederhana : bersahaja, lugas, mudah, tidak berbelit-belit kata maupun kalimat. Menggunakan kata-kata yanb biasa dan lazim.
    • Ringkas : tegas dan mudah dipahami.
    • Jelas : tidak samar-samar, tidak meragukan, tidak taksa, tidak menimbulkan salah paham.
    • Sopan : menggunakan kata-kata yang sopan atau halus dan kata-kata resmi (bukan kata sehari-hari)
    • Menarik : membangkitkan perhatian, tidak membosankan. Bisa dengan variasi kalimat, gaya bahasa.
  5. Menghindarkan sejauh mungkin penggunaan singkatan kata atau akronim, apa lagi singkaan yang tidak biasa atau singkatan buatan sendiri.
  6. Memperhatikan dan menguasai Format atau Bentuk Surat.
  7. Memperhatikan dan menguasai penulisan Bagian-Bagian Surat.
  8. Penulisan atau pengetikan yang betul, jelas, bersih dan rapi.
  9. Memperhatikan ukuran, jenis dan warna kertas.
    • Ukuran : Kwarto (21×29 cm)
    • Jenis : HVS untuk lembar asli, kertas tembus atau doorslag untuk tembusan.
    • Warna : Putih (hvs) untuk lembar asli; kuning (doorslag) untuk perbal; biru muda (doorslag) untuk tembusan intern; merah muda (hvs) untuk surat rahasia.
  10. Isi surat ringkas, jelas, akurat dan eskplisit.
  11. Menggunakan bahasa baku.

 

Bahasa Surat

Penggunaan pada bahasa surat ini yaitu harus meliputi:

  1. Jelas
    Jelas disini berarti: tulisan mudah dibaca dan mudah pahami baik dari identitas si pengirim surat, nama dan alamat yang dituju, serta dari isi surat itu sendiri
  2. Benar
    Benar disini berarti: isi dari surat tersebut memang benar maksud dan tujuannya (tidak untuk iseng), serta menggunakan kosa kata yang baku.
  3. Sopan
    Sopan disini berarti: menggunakan bahasa yang tidak hanya baku tetapi juga memiliki sopan santun.
  4. Singkat/tidak terlalu bertele-tele
    Singkat disini bukan berarti penulisan katanya yang harus disingkat-singkat, tetapi menggunakan bahasa yang efektif sehingga surat tidak terlalu panjang lebar.
  5. Lengkap
    Lengkap disini berarti: Maksud dan tujuan sudah terwakilkan atau tertuang semua dalam surat.
  6. Menarik
    Menarik disini bukan berarti harus menggunakan kosa kata seperti pada iklan-ikan yang sering kita jumpai. Tetapi, kertas dan sampul surat harus serasi, bersih dan rapi sehingga enak dipandang dan dibaca.

Bagian-bagian Surat

Pada dasarnya bagian-bagian surat yaitu terdiri dari beberapa macam, yaitu :

  1. Tempat dan tanggal
  2. Alamat
  3. Salam Pembuka
  4. Isi Surat
  5. Penutup

 

Contoh Surat

Contoh Surat

Jenis-jenis Surat

  1. Surat Pribadi
  2. Surat Resmi
  3. Surat Niaga
  4. Surat Dinas
  5. Surat Lamaran Pekerjaan
  6. Surat Elektronik

 

B. Curriculum Vitae

Curriculum Vitae (CV) adalah sebuah dokumen surat yang berisi daftar riwayat hidup seperti biodata, riwayat pekerjaan, riwayat pendidikan, kemampuan kerja dan berbagai data lainnya yang biasanya dimasukkan bersama surat lamaran kerja sebagai penjelasan singkat mengenai orang terkait kepada pihak termohon.
Dalam membuat daftar riwayat hidup ini sebaiknya memperhatikan beberapa hal penting seperti penulisan yang baik dan singkat dalam 1 lembar, menuliskan kemampuan dan kompetensi terkait dengan jenis pekerjaan yang dilamar, menuliskan pengalaman kerja yang sesuai dengan jenis pekerjaan, dan jangan lupa untuk memberikan data yang jujur serta apa adanya. Jangan sekali-kali memberikan informasi palsu karena akan berimbas pada kepercayaan dan integritas diri anda saat bekerja.

Manfaat CV

Manfaat Curriculum Vitae yaitu sebagai data riwayat diri dimana di dalamnya terdapat beberapa poin penting yang berguna sebagai suatu kelebihan yang ada pada diri kita. Misalnya perusahaan melihat data riwayat diri kita di dalamnya terdapat keahlian-keahlian penting yang tidak dimiliki orang lain. Sehingga perusahaan mampu menyeleksi para pelamar kerja melalui CV mereka.

Susunan CV

Susunan CV yaitu terdiri dari

  1. Data Pribadi
  2. Latar belakang pendidikan
  3. Keahlian
  4. Pengalaman Kerja
  5. Penutup

Contoh CV

CURRICULUM VITAE

( Daftar Riwayat Hidup )

DATA DIRI
Nama                           : Aris Ali, A.Md
Tempat/tgl lahir           : Pacubbe, 10 oktober 1984
Umur                           : 23 Tahun
Status Perkawinan      : Belum Kawin
Kesehatan                   : Sehat
Golongan Darah          : B
Tinggi Badan              : 168 Cm
Berat Badan                : 58 Kg
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Agama                         : Islam

PENDIDIKAN

  • Sementara dalam proses penyelesaian Pada Fakultas Tarbiyah Pendidikan Agama Islam dengan judul SKRIPSI “Adab pergaulan Siswa-siswi Ditinjau dari Sudut Pandang Ajaran Islam”
  • Program D3 GPAI Fakultas Tarbiyah UIN Alauddin Makassar 2004-2006 dengan judul Karya Tulis Ilmiah “Strategi dan Tantangan Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Era Global”.
  • SLTA/ MA Putra As’adiyah Sengkang Kab.Wajo 2002-2004
  • SLTP/ Mts Putera 1 As’adiyah Sengkang Kab. Wajo 1998-2002
  • SDN Maruge Kab. Kolaka Utara 1993-1998

PRESTASI AKADEMIK

  • UIN Alauddin Makassar
  • IPK : 3, 67
  • Judul Karya Tulis Ilmiah : ( Strategi dan Tantangan Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Era Global )

PENGALAMAN ORGANISASI

  • Ketua Bidang kajian dan penalaran Forum Komunikasi Mahasiswa dan Alumni As’adiyah (Fkma As’adiyah) Kom UIN Alauddin Makassar periode 2006-2007
  • Ketua Forum Kajian Alumni As’adiyah 04 (NIRMALA)
  • Pengurus Lembaga Bahasa Inggris New Generation Club (NGC), Solidaritas English Meeting Club (SEMC),United English Forum (UEF) periode 2005-2006
  • Pengurus Lembaga Bahasa Arab al-wahdah limuhibby al-Lughat al-Arabiyah (Al-Wahyu) periode 2005-2006
  • Caretaker Rayon Tarbiyah Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cab. Makassar 2006
  • Pengurus Kesatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia Bone (KEPMI BONE) periode 2005-2006
  • Ketua Bidang kajian dan penalaran Kesatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia Bone ( KEPMI BONE) komiasariat UIN Alauddin Makassar periode 2006-2007
  • Koordinator departemen Ke-Agamaan dan Ke-Ilmuan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah (BEM-F) UIN Alauddin Makassar periode 2006-2007
  • Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEM-U) UIN Alauddin Makassar periode 2007-2009
  • Sekretaris Jenderal Forum Komunikasi Mahasiswa dan Alumni As’adiyah Pusat Makassar (PP.FKMA-As’adiyah) periode 2007-2009

PENGALAMAN KERJA

  • Instruktur Bahasa Arab pada Muasykar Lughawi Pendidikan Bahasa Arab 2005
  • Instruktur English Camp SMA se-Kabupaten Wajo 2005
  • Instruktur English Camp Mad. Aliyah DDI Tobarakka Kab Wajo 2005
  • Peserta English Fun at Loka Camp Bantaeng Regency yang dilaksanakan oleh Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Makassar (UNM) 2004

Demikian ini saya nyatakan dengan sesungguhnya, bilamana dikemudian hari terdapat kesalahan dalam penulisan ini atau rekayasa, maka saya siap menanggung segala konsekuensinya.

Makassar, 19 Juni 2013

Sumber Referensi

http://tata-usaha.blogspot.com/2011/06/syarat-syarat-surat-yang-baik.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Surat

http://www.zonasiswa.com/2014/01/menulis-surat-syarat-ketentuan.html

http://www.zonasiswa.com/2013/12/surat-pengertian-fungsi-sejarah.html

http://mobelos.blogspot.com/2013/07/kumpulan-contoh-cv-atau-daftar-riwayat.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s