Trip to Gunung Bromo

Posted: June 20, 2015 in Uncategorized

Trip Bromo Malang

6 Juni 2014
“Kriiiiiing” suara alarm subuh bunyi. Yess gua Muslim gua solat subuh. Setelah solat subuh ga kaya biasanya.. Gua langsung mandi dan  siap2in barang. Skip skip.. Semua udah beres. Dalam trip kali ini gua di temani April hehehe. Oke akhirnya gua janjian ama doi buat ketemuan di salah satu pom bensin di bekasi. Disana kita nunggu bis ke arah tn.abang soalnya doi ada kuliah dulu pagi nya di daerah setiabudi. Akhirnya kita pun naik bis bareng dengan orang kerja. Lu tau sendiri kalo naik bis jam 7an.. Itu penumpang rame bener. Dan bener aja, gua sama April duduk di tempat barang di blakang bis bersama tas ransel gua yang segede kulkas. Alhamdulilah jalan lancar. Sampe setiabudi doi langsung kuliah nah gua di sevel sampe bulukan… Setelah kurang lebih 2-3 jam kemudian doi selesai kuliah. Dalem hati gua “akhirnya kelar juga doi”. Abis itu kita pun berangkat menuju stasiun senen. Kereta nya berangkat jam 1:30. Nah hari itu pas hari jumat lagi. Dijalan menuju senen pun macet dan akhirnya gua ga jumat’an. Tapi tenang gua solat dhuhur kok di mushola stasiun hehe. Nah ketika gua di metromini dari setiabudi ke senen gua ngobrol sama kernet metromini. Doi cerita dah tuh tentang keluh kesahnya tinggal dan hidup di Jakarta. Saking menggebu-gebunya doi cerita ampe muncrat-muncrat tuh bibir kluar ludah. Lah gua mah iya iya aja. Hehehe. Setelah melewati kemacetan dan dahsyatnya kernet cerita akhirnya sampe di Stasiun Senen. *jengjerejengjenggggjettt*

Meet Up w/ smartrip

Setelah menjejajakan kaki gua di Stasiun Senen akhirnya gua ngehubungin contact person smartrip. Akhirnya ketemu lah gua sama crew smartrip. Hihi. Yang pertama gua kenal adalah mas Angga dan Firli selaku crew dari Smartrip. Akhirnya gua pun kenalan sama member yang lainnya. Selang beberapa lama kedengeran suara kereta masuk Stasiun. Yap, itu kereta matarmaja jurusan Malang. Akhirnya kita briefing dan berdoa setelah itu masuk ke dalam kereta. Sambil jalan menuju kereta gua berharap sih depan tempat duduk gua orangnya asik. Hehehe. Soalnya gua ga ngebayangin kalo depan gua orangnya ga asik. Lah di kereta gua sampe kurang lebih 16 jam yang tertera pada tiketnya. Bisa anyep2an gua 16 jam ama orang begitu. Tapi akhirnya depan gua ternyata sepasang kekasih hehehe. Akhirnya gua kenalan. “Panji..” Sebut gua sambil berjabat tangan. “Andre..” Sahut doi sambil berjabat tangan. Hahaha. Karena doi yang lebih tua dari gua ya gua manggil doi jadi mas andre. “Kuuuuuuoooooonnngggg” klakson kereta udah bunyi nih.. Ga lama kemudian pun akhirnya kereta matarmaja jurusan Malang berangkat. Akhirnya jalan juga nih kereta. Hehehe.

Suka duka perjalanan di kereta

Kereta pun melaju dengan kecepatan lumayan ngebut. Maklum kereta Jawa. Hehehe. Di dalam kereta gua sama depan masih kaku banget nih. Nah duduk aja masih tegak banget kaya photo KTP. Kaki udah lumayan pegel akhirnya gua nyelonjor ke kolong tempat duduk depan gua ke tempat duduk mas andre. Nah disitu mulai tuh ke akraban gua april dan mas andre dgn mba rika pasangannya mas andre. Hehehe. Kita mulai tuker tukeran posisi kaki buat nyelonjor. Hehehe. Kita pun saling cerita satu sama lain. Hari pun mulai beranjak gelap. Jam udah nunjukin jam 7 malem. Akhirnya kita ngobrol ngaler ngidul rame rame. Pas ngobrol gua ngeluarin makanan dari tas. Pertama ada keripik singkong. Hehehe. Ga ada istimewanya. Selanjutnya ini dia yang bikin rame 1 kereta. Hahaha. Gua ngeluarin keripik yg dari ubi jalar gitu. Tapi gua pun ga tau namanya. Akhirnya kita pun nebak-nebak apaan nama keripik itu? Tanya sini situ ga ada yang tau. Sampe sampe mas Angga browsing dan hasilnya pun nihil. Ada kira-kira 1-2 jam akhirnya salah satu dari member smartrip ada yang tau bahwa ini keripik misterius namanya adalah………………..SLONDOH. Jadi keripiknya tuh warna putih gitu. Lah pas udah dapet namanya akhirnya kita semua ngakak dan lega ketebak juga tuh keripik. Hahaha. Hari pun mulai larut. Sekitar jam 11an tiap kereta pun mulai dingin dan penumpang pun pada mencari posisi buat tidur. Mungkin yg udah tau trik tidur di kereta Ekonomi yaitu tidur di bordess atau di kolong kursi kereta. Itu bisa buat tiduran nyelonjor. Hehehehe. Tapi gua ama april tidur di kursi. Akhirnya setelah tidur ayam jam 1 kereta berhenti di Stasiun solo jebres.. Disini bagi kalian yang pada trip sendiri harus hati2 karena banyak tukang jualan makanan dan minuman pada masuk ke kereta. Sekedar mencegah taruh barang berharga di tempat aman dan ga nunjukin barang2 kalian. Disini gua udah mulai laper akhirnya gua dan april makan pake bekel. Hihihiw. Kita makan rolade.. Enaaaak banget deh biar kata ga bisa tidur. Hahaha. Ga lama kemudian kereta pun berangkat kembali. Yihaaaaaaaa. Singkat cerita jam nunjukin pukul 05:00 akhirnya udah hampir sampe nih. Di sepanjang jalan kanan kiri sawah semua. Di tambah kabut.. Ga lama kemudian di sebalah Kiri sisi kereta terlihat sang fajar mulai menampakan dirinya dibalik bukit. Wahhh dari sini aja keren apalagi kalo di bromo nanti. Hehehe. Akhirnya sekitar jam 7an lewat kita tiba di Stasiun Malang. Setelah bergelut dengan waktu di dalam kereta selama ±16 jam, tiba juga di Kota Malang.

Hari Pertama di Kota Apel Hijau

Setelah keluar stasiun kita semua foto dulu depan balai kota Malang. Cekrat cekret cekrat cekret pada foto2. Hehehe. Puas foto2 acara selanjutnya kita menuju Candi jago di deket Tumpang. Disana kita foto sama candi deh. Disana gua bisa foto di bagian tertinggi candi namun fotonya blurrr… Hahahaha. Selanjutnya udah puas foto foto kita, destinasi selanjutnya adalah menuju home stay. Asikkk bisa rebahan dah nih hehehehe. Udara di sini biar kata siang siang juga sejuk.. Mobil pun tiba di gapura Gubuk Klakah.. Yes ini adalah akses jalan menuju Gn. Bromo dan Semeru via malang pasti lewat sini. Di sepanjang jalan perumahan warga di sekitar sini mayoritas pekarangannya di tanami pohon apel. Enak banget kali ya kalo gua punya pohon apel wkwkwkwk. Akhirnya beberapa menit kemudian mobil pun berhenti. Sampai juga di homestay. Di homestay ini bentuknya kaya rumah biasa, tapi…… Di halaman rumahnya full pohon apel. Huhuy. Mabok apel ini mah hehehe. Akhirnya kita masuk homestay taro barang barang terus istirahat. Setelah jam 2an gua sama april jalan jalan di kebun apel.. Waw banget deh. Hahaha. Akhirnya kita makan apel sesuka hati. Sekitar jam 3an ada acara lagi ke air terjun coban trisula dan coban pelangi. Letaknya sekitar 2km dari homestay. Akhirnya kita semua melaju ke air terjun. Dijalan pemandangannya skoy banget. Kanan kiri penuh bukit yang di tanemin tumbuh2an. Asik deh pokonya. Ga lama kemudian tibalah kita di coban pelangi. Kita main main air di air terjun. Abis itu selesai dari 2 coban kita balik ke homestay buat istirahat biar nanti malem bisa fit. Hehehe.

Akhirnya jam pun menunjukan pukul 1:30 dini hari. Kita semua siap-siap bergegas.Akhirnya nggak lama kemudian jeep yang bakal kita tumpangin pun dateng juga. Di temenin dinginnya udara gunung bromo kita semua berangkat menuju ke pananjakan buat ngeliat indahnya sunrise di spot pananjakan tadi. Ketika dalam perjalanan menuju pananjakan, kita ngelewatin daerah lautan pasir dan bukit telletubies. Namun karena masih gelap itu semua tertutup sama kabut. Alhasil yang gua rasain sih cuma dingin yang dahsyat, sampe sampe kumis gua berembun. hehehe. Akhirnya kita semua sampai di pananjakan. Disana udah banyak orang yang nyari spot buat mengabadikan momen sunrise buat kenang-kenangan dari Gunung Bromo. Akhirnya gua dan rombongan Smartrip nikmatin atmosfer keindahan kawah Gunung Bromo yang aduhai indahnya.

Setelah dari pananjakan gua dan rombongan bergegas buat ke area kawah bromo. Jalannya ya lumayan jauh menuju kawah bromo kalo dari parkiran jeep. Disana disewain kuda-kuda buat sampai ke tangga kawah bromo. Tapi kita mah masih kuat jalan kaki selama dengkul belom goyang, hehehe. Sesampainya di kawah Gunung Bromo kita foto-foto. Dan ada hal unik yang kita lakuin disini. Mau tau? Jadi nih ya, kita semua nurunin kawah Gunung Bromo ga lewat tangga yang kita naik tadi, tapi kita melipir pelan-pelan di pasir sampai ke bawah tadi. Alhasil iya aja semua sepatu kita kemasukan pasir. Tapi itu semua seru sih. hahaha. Akhirnya hari pun sudah mulai siang, Jeep yang kita tumpangin menuju pasir berbisik dan bukit telletubies. Karena udah agak siang akhirnya kita memutuskan buat menuju homestay buat istirahat sambil berkemas buat pulang ke jakarta. Sekitar jam setengah 5 kita semua menuju ke stasiun Malang sampe akhirnya kita tiba di stasiun Senen dan kita berpisah dengan teman-teman trip buat ngejalanin kesibukannya masing-masing.

Sebenernya masih banyak petualangan-petualangan gua yang seru lainnya. Nanti gua share lagi ya. Maaf kalo dalam tutur bahasa masih banyak kekurangan. Karena ini cuma sekedar sharing cerita aja. Salam Jelajah Indonesia.